Rabu, 04 April 2012

Komputer Grafik dan Warna

Komputer grafik
Komputer grafik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gambar menggunakan komputer, mulai dari menangkap gambar, peyimpanan gambar, mengolah gambar, hingga menghasilkan gambar. Pendapat lain mengatakan bahwa komputer grafik adalah salah satu cabang ilmu komputer yang mempelajari tentang pembuatan atau manipulasi gambar secara digital. Bentuk grafik komputer berawal dari grafik 2D lalu berkembang menjadi grafik 3D. Bagian dari ilmu komputer grafik adalah:
  • Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang 
  •  Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan 
  •  Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
  •  Citra (Imaging):  mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Grafik sendiri terbagi atas grafik vektor dan grafik bitmap. Salah satu perbedaan yang jelas antara keduanya adalah jika gambar grafik diperbesar, maka grafik bitmap akan terlihat pecah(kotak-kotak) sedangkan grafik vektor tidak. Hal itu dikarenakan grafik bitmap terdiri dari titik-titik kecil(pixel) yang memiliki kerapatan atau warna tertentu. Jika kita memperhatikan layar pada monitor, maka akan terlihat titik-titik pixel tersebut. Sedangkan grafik vektor terdiri dari sekumpulan garis, baik lurus maupun lengkung, yang gambarnya mengacu pada katakteristik geometrisnya. Namun grafik vektor memiliki kelemahan, yaitu ketika mengkonversi grafik bitmap, gambar tersebut tetap saja memiliki sifat grafik bitmap(jika diperbesar, gambar tetap akan terlihat pecah). Grafik bitmap juga memiliki kelebihan, salah satunya adalah dapat ditambahkan efek khusus tertentu hingga menghasilkan mutu gambar yang diinginkan.
Beberapa software untuk pembuatan atau pun manipulasi gambar adalah CorelDraw(vektor), GIMP, Photoshop(bitmap), Paint(bitmap), 3Ds Max, dan lain-lain.


Warna
Warna adalah
  • panjang gelombang cahaya(warna) yang dominan yang dipantulkan oleh benda(hue). Misalnya jika suatu benda lebih banyak memantulkan cahaya dengan panjang gelombang untuk warna merah, maka benda tersebut akan lebih terlihat berwarna merah.
  • intensitas cahaya yang mengenai suatu benda atau tingkat kecerahan dari suatu warna(ligthness, intensity, value, atau luminousity). Semakin terang suatu warna, warna tersebut semakin mendekati warna putih, sebaliknya semakin gelap suatu warna, warna tersebut semakin mendekati warna hitam.
  • kemurnian, kadar, atau juga konsentrasi suatu warna(saturation, purity, chroma). Warna-warna dengan kemurnian yang rendah akan terlihat semakin abu-abu, sedangkan warna-warna dengan kemurnian yang tinggi akan terlihat semakin kontras.
Model Warna
 Model-model warna di antaranya RGB(red-green-blue), CMY(cyan-magenta-yellow), dan LCH(lightness-chroma-hue).
Model warna RGB adalah warna yang berasal dari suatu sumber cahaya(additive), misalnya warna-warna yang kita lihat dari monitor. Model ini mengikuti sel-sel kerucut(cones) pada mata kita. Cones pada mata terbagi menjadi tiga, yaitu cones untuk mengenali warna merah, cones untuk mengenali warna hijau, dan cones untuk mengenali warna biru. Besarnya pencampuran warna ketiganya dapat menghasilkan warna lain yang berbeda-beda.












Adapun model warna CMY adalah warna yang dipantulkan oleh benda-benda(subtractive), termasuk di dalamnya warna yang dihasilkan oleh printer. Ketika kita mengolah gambar dengan komputer lalu mencetaknya, warna RGB yang dihasilkan dari monitor dikonversi ke dalam bentuk warna CMY lalu dicetak.












Sedangkan model warna LCH mengikuti pengertian warna yang telah disebutkan di atas.












Sampai di sini artikel saya yang berjudul Komputer Grafik dan Warna. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan materi atau kata-kata.
 ^-^    peace

Tidak ada komentar:

Posting Komentar